Hadiri Acara Adat Tulude : Wawali Minta Rawat Terus Adat dan Budaya

Wakil Wali Kota Tidore, Muhammad Sinen menghadiri acara adat Tulude.

TIDORE- Wakil Wali Kota Tidore Kepulauan mengatakan merawat adat dan tradisi dengan baik akan membawa pengaruh positif bagi kehidupan sehari hari.

Hal itu disampaikan Muhammad Sinen saat menghadiri acara adat Tulude 2024, di Desa Galala,Rabu (31/1) malam.

Tulude merupakan acara adat tahunan sebagai bentuk ucapan rasa syukur. Upacara ini telah diwariskan secara turun temurun oleh leluhur kepada masyarakat Sangihe, Talaud, dan Sitaro atau dikenal dengan Nusa Dua.

Pada kesempatan itu, Muhammad Sinen menyampaikan tekad Pemerintah Kota Tidore dalam melestarikan adat dan tradisi yang ada di Kota Tidore yang salah satunya adalah acara adat tahunan yang sering dilaksanakan oleh warga keturunan Sangihe di Kota Tidore Kepulauan.

“Acara adat ini penting untuk kita jaga dan rawat dengan baik, jika adat dan tradisi kita rawat maka tingkah laku keseharian kita pasti akan baik,” kata Muhammad Sinen.

Ayah Erik sapaan Muhammad Sinen juga mengapresiasi warga Sangihe di Kota Tidore Kepulauan yang hingga saat ini tetap menjaga dan merawat acara adat Tulude dengan baik.

“Meskipun merantau jauh dari kampung halaman namun adat dan tradisi Tulude ini tetap dijaga dengan baik,” ujarnya.

Di kesempatan yang sama, mantan anggota DPRD tiga periode ini juga meminta agar tetap menjaga kebersamaan serta kerukunan umat beragama. Terlebih pada momentum pemilihan umum yang saat ini sedang berlangsung.

“Adat ini kalau kita jaga maka kita menjaga kebersamaan, sekalipun di tengah-tengah kita ada perbedaan, baik suku Ras maupun Agama, tapi kita harus tetap menjaga persatuan,” ajak Ayah Erik mengakhiri. (Red)