Harnus 2023 Sukses, Tidore Jadi Titik Nol Jalur Rempah

Menteri Perhubungan Republik Indonesia Budi Karya Sumadi menandatangani prasasti Tidore sebagai titik nol jalur rempah di acara puncak Hari Nusantara 2023 di pelataran pantai Tugulufa Kota Tidore Kepulauan.

Tidore – Sukses dihelat, Hari Nusantara tahun 2023 dirangkaikan dengan Penandatanganan Prasasti Tidore Titik Nol Jalur Rempah, yang dicanangkan sebagai City Branding Kota Tidore Kepulauan oleh Menteri Perhubungan Republik Indonesia, Budi Karya Sumadi di kawasan wisata pantai Tugulufa, Rabu (13/12).

Setelah menyampaikan sambutan secara resmi pada puncak pelaksanaan Hari Nusantara 2023, Menhub RI Budi Karya Sumadi yang juga selaku ketua panitia melakukan penandatanganan prasasti Tidore Titik Nol Jalur Rempah, dicanangkan sebagai City Branding Kota Tidore Kepulauan.

“Sejarah ekspor rempah di Tidore 500 tahun lalu menjadi pusat perhatian Indonesia bahkan dunia. Oleh karenanya Kota Tidore Kepulauan dapat didorong menjadi salah satu Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN),” ucap Budi dalam sambutannya.

Senada, Wali Kota Tidore Kepulauan, Capt H. Ali Ibrahim dalam sambutannya mengatakan, tema Hari Nusantara 2023 adalah Merajut Konektivitas Nusantara dan Ekonomi Maritim dari Titik Nol Jalur Rempah, tema ini dipilih, karena 500 tahun lalu, tepatnya tanggal 11 Desember 1521, Tidore menjadi titik awal, dimulainya Ekspor global.

“Waktu itu, cengkeh diekspor dari pantai Tidore, menuju Spanyol, sebanyak 381 karung atau 27,3 Ton. Inilah kemudian Negara menetapkannya sebagai Hari Rempah Nasional, yang diperingati setiap tanggal 11 Desember, maka di momentum Hari Nusantara ini, Pak Menhub RI menetapkan Tidore sebagai Titik Nol Jalur Rempah,” ungkap Ali Ibrahim.

Acara puncak Hari Nusantara 2023 ini mendapat antusias dari pengunjung, baik masyarakat Kota Tidore Kepulauan maupun dari luar Tidore. Hal tersebut tampak dari tumpah ruah masyarakat yang memadati kawasan wisata pantai Tugulufa sejak pukul 07.00 WIT.

Mengawali rangkaian kegiatan, sekaligus menyambut kedatangan rombongan Menteri Perhubungan RI, para tamu dan pengunjung disuguhkan dengan tarian Barakati dari anak-anak Kota Tidore Kepulauan dengan personil sebanyak 50 Penari.

Diawali dengan doa bersama yang dipimpin oleh Ust. Ali M. Tero, rangkaian acara pembukaan Hari Nusantara 2023 berlangsung khidmat, kemudian dilanjutkan dengan penyampaian sambutan dari Wali Kota Tidore Kepulauan selaku tuan rumah dan sambutan Gubernur Provinsi Maluku Utara.

Disela-sela acara juga dirangkaikan dengan penyerahan penghargaan tanda kehormatan satyalancana wirakarya kepada 8 Kepala Daerah atas pengelola, pengembangan dan pembangunan sektor kelautan dan penghargaan green and smart port kepada 8 Perusahan di Indonesia oleh Kemenhub RI.

Rangkaian kegiatan acara puncak Hari Nusantara 2023 ditutup dengan persembahan Demonstrasi Sea Cast, Free Fall dan Sailing Pass Kapal-Kapal Perang Republik Indonesia, kapal-kapal unsur maritim dan perahu-perahu nelayan dari Kesultanan Tidore.

Selain rangkaian acara di atas, juga ada persembahan konser musik dari grup band Slank yang akan menghibur pengunjung dan masyarakat Kota Tidore Kepulauan Rabu (13/12) malam di pelataran pantai Tugulufa Kota Tidore Kepulauan. (Red).