Pemkot Tidore Berkomitmen Tingkatkan Mutu SPIP

TIDORE – Sekretaris Daerah Kota Tidore Kepulauan, Ismail Dukomalamo menghadiri sekaligus membuka dengan resmi kegiatan Workshop Sistem Pengendalian Internal Pemerintah (SPIP) Terintegrasi Tahun 2024 yang diselenggarakan oleh Inspektorat Daerah Kota Tidore Kepulauan di Muara Hotel Ternate, Senin (5/2).

Dalam kesempatan tersebut, Ismail menyampaikan berdasarkan surat Deputi Kepala BPKP Nomor PE.09.03/s-782/d3/04/2023 terkait Penyampaian Hasil Evaluasi Penilaian Maturitas Penyelenggaraan SPIP Terintegrasi dan Kapabilitas APIP di lingkungan K/L/D Tahun 2023, Pemerintah Kota Tidore Kepulauan dapat mencapai predikat, yakni level 3 SPIP Terintegrasi dengan jumlah skor 3,258, level 3 Manajemen Risiko Indeks (MRI) dengan jumlah skor 3,069, level 2 Indeks Efektivitas Pengendalian Korupsi (IEPK) dengan jumlah skor 2,856, dan level 3 Kapabilitas APIP dengan jumlah skor 3,000.

“Untuk itu kami sampaikan terima kasih dan apresiasi kepada BPKP Perwakilan Maluku Utara yang selalu setia mendampingi Pemerintah Kota Tidore Kepulauan dalam kegiatan peningkatan pemahaman dan kompetensi teknis dalam penerapan SPIP Terintegrasi, apresiasi yang sama juga kami sampaikan kepada Pimpinan OPD sampling atas sinergitasnya sehingga Pemerintah Kota Tidore Kepulauan dapat mempertahankan kinerja/predikat Maturitas SPIP terintegrasi pada level 3,” kata Ismail.

Ismail juga mengatakan Pemerintah Kota Tidore Kepulauan terus berkomitmen dan berusaha meningkatkan maturitas SPIP Terintegrasi pada level yang lebih tinggi melalui perbaikan dan peningkatan tata kelola, efektivitas manajemen risiko dan pengendaliannya sebagaimana tercantum dalam Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2008. “Saya berharap kepada seluruh peserta Workshop agar mengikuti kegiatan ini dengan sungguh-sungguh sehingga dapat diaplikasikan dalam rangka pemenuhan kriteria penilaian maturitas SPIP Terintegrasi Tahun 2024,” kata Ismail

Di kesempatan yang sama, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utara, Tri Wibowo Aji, menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan Workshop dan pencapaian Pemerintah Kota Tidore Kepulauan atas predikat level 3 SPIP Terintegrasi.

“Saya ucapkan apresiasi untuk pencapaian ini, level 3 SPIP Terintegrasi yang dicapai oleh Pemerintah Kota Tidore Kepulauan sudah cukup tinggi, tapi jangan berhenti sampai disini, saya berharap Pemerintah Kota Tidore Kepulauan bisa mencapai level 4 untuk SPIP Terintegrasi, dan BPKP Provinsi Maluku Utara siap membantu dan berkoordinasi dengan Pemerintah Kota Tidore Kepulauan,” kata Tri.

Workshop SPIP Terintegrasi yang diselenggarakan oleh Inspektorat Kota Tidore Kepulauan ini berlangsung selama tiga hari mulai tanggal 5-7 Februari 2024. Sebanyak 80 Peserta yang mengikuti Workshop tersebut, terdiri dari Sekretaris OPD dan Admin SPIP masing-masing OPD di lingkup Pemerintah Kota Tidore Kepulauan. (Red).