Pemkot Tidore Wujudkan Pengadaan Barang dan Jasa yang Transparan

TIDORE – Dalam mewujudkan pelayanan publik yang berkualitas serta transparansi dan akuntabilitas dalam pengadaan barang/jasa, Pemerintah Daerah Kota Tidore Kepulauan melalui Bagian Pengadaan Barang jasa menggelar Kegiatan Asistensi Persiapan Pengadaan Barang dan Jasa di lingkup Pemerintah Daerah Kota Tidore Kepulauan, sekaligus me-launching aplikasi pendukung pengadaan barang dan jasa Pemerintah Kota Tidore Kepulauan tahun 2024.

Kegiatan ini dibuka dengan resmi Wali Kota Tidore Kepulauan yang diwakili Asisten Setda Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Taher Husain bertempat di aula Nuku kantor Walikota, Senin (15/1).

Mengawali sambutannya, Taher Husain atas nama Pemerintah Daerah Kota Tidore Kepulauan menyampaikan apresiasi atas keberhasilan dan kerja keras dari Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Setda Kota Tidore Kepulauan yang berkolaborasi bersama para admin aplikasi SIRUP, sehingga bisa membawa harum Kota Tidore Kepulauan sebagai pemerintah daerah pertama yang berhasil menginput aplikasi SIRUP se Indonesia berdasarkan data dari Desember 2023 lalu.

“Hal ini, merupakan sebuah bukti bahwa dengan kerja keras dan kerjasama yang kuat akan membawa sebuah keberhasilan. Semoga prestasi ini akan terus membuahkan prestasi lainnya di masa-masa mendatang,” ucap Taher Husain.

Taher Husain juga menambahkan, kegiatan asistensi persiapan pengadaan barang dan jasa Pemerintah Kota Tidore Kepulauan tahun 2024, juga merupakan sebuah lompatan yang patut diapresiasi karena dengan kegiatan ini akan turut membantu meningkatkan kinerja percepatan pelaksanaan pengadaan barang/jasa dan penyerapan anggaran serta mampu mempengaruhi kompetensi sumber daya manusia pelaksana pengadaan barang/jasa.

“Lebih penting lagi bahwa kegiatan ini telah ikut membantu komitmen pemerintah daerah dalam transformasi penyelenggaraan pengadaan barang dan jasa yang lebih kredibel, akuntabel serta mendorong penggunaan anggaran pemerintah agar dapat dirasakan oleh para pelaku usaha di Kota Tidore Kepulauan sehingga turut menunjang perekonomian masyarakat,” tutur Taher.

Taher Husain berharap sistem pengadaan barang/jasa di lingkup pemerintah daerah Kota Tidore Kepulauan bisa berjalan dengan baik dan lancar dan tentunya akan membawa pengaruh pada kinerja dari setiap organisasi perangkat daerah di Kota Tidore Kepulauan sehingga dapat bekerja maksimal untuk mencapai visi Pemerintah Daerah yakni Terwujudnya Masyarakat Sejahtera Menuju Tidore Jang Foloi.

Sementara, Kepala Bagian Pengadaan Barang dan Jasa, Abdul Wahid Saraha mengatakan tujuan dari kegiatan ini untuk meningkatkan kinerja percepatan pelaksanaan pengadaan barang/ jasa dan penyerapan anggaran Pemerintah Kota Tidore Kepulauan, meningkatkan kompetensi sumber daya manusia pelaksana pengadaan barang/jasa pada semua SKPD/ unit SKPD se Kota Tidore Kepulauan serta me-launching program dan kegiatan inisiasi pada Bagian Barang dan Jasa yakni Forum Ngobrol Berfaedah Seputar Pengadaan Secara Online (Ngofa se Dano), Forum Olah Masalah Sumbang Solusi (Fola Sou), Aplikasi Pendukung Pelayanan Pengadaan Barang/Jasa yakni Aplikasi E-Dumaha untuk pelaksanaan pembuktian kualifikasi tender/seleksi pengadaan barang/jasa dan Aplikasi pendukung pelaksanaan tugas fola sou (Forum Olah Masalah Sumbang Solusi).

Narasumber dari kegiatan ini berasal dari Bagian Pengadaan Barang Jasa Kota Tidore Kepulauan serta kegiatan ini dilaksanakan selama 3 hari yakni 15-16 Januari 2024 dilaksanakan secara bertatap muka bertempat di aula Nuku kantor Walikota sedangkan pada 17 Januari 2024 dilaksanakan secara online melalui aplikasi zoom. (Red).