Sekda Terus Pantau Disiplin ASN 

Sekretaris Daerah Kota Tidore Kepulauan Ismail Dukomalamo memimpin apel pagi saat sidak di kantor Dinas Lingkungan Hidup.

TIDORE – Peningkatan disiplin ASN untuk mengikuti apel pagi di lingkungan Pemerintah Kota Tidore Kepulauan terus dipantau oleh Sekretaris Daerah, Ismail Dukomalamo bersama para Asisten Sekda dan Staf Ahli Walikota.

Pemantauan disiplin ASN ini dilakukan melalui Inspeksi Mendadak (sidak) sekaligus memimpin apel pagi pada masing-masing OPD tersebut, hingga ke kantor Camat Tidore dan Tidore Selatan, Selasa (6/2).

Dalam arahannya, Ismail mengatakan, sidak yang dilakukan di beberapa OPD kemarin harus dijadikan contoh oleh OPD yang lain untuk tetap disiplin menjalankan apel pagi tepat waktu, dan pimpinan OPD harus berikan sanksi yang tegas kepada ASN yang tidak ikut apel pagi.

“Saya harap apel pagi ini terus menjadi perhatian, tidak ikut apel pagi berarti TPP harus dipotong sesuai dengan ketentuan tidak ikut apel pagi, dan Pimpinan OPD harus tegas dan jujur, kalau kembali ke kejujuran dan ketegasan, maka semua akan bisa disiplin dan tepat waktu apel pagi,” tutur Ismail.

Ismail juga menyampaikan bahwa terkait peningkatan kompetensi sumber daya manusia, maka seluruh ASN wajib untuk bisa mengoperasikan komputer maupun laptop, mengingat ke depan semua pekerjaan sudah berbasis IT.

“TPP yang diberikan oleh Pemerintah selain untuk tambahan penghasilan atas disiplin dan kinerja yang dilakukan, juga diberikan untuk meningkatkan kualitas dan kompetensi SDM, maka saya berharap seluruh ASN bisa untuk mengoperasikan komputer maupun laptop,” harap Ismail.

Saat melakukan sidak dan memimpin apel padi pada Dinas Lingkungan Hidup, Ismail mendapati ASN yang mengikuti apel pagi sebanyak 17 orang dari total 27 ASN, yang melakukan Dinas Luar sebanyak 2 orang dan 8 lainnya tanpa keterangan.

Di kesempatan yang sama, Asisten Setda Bidang Pemerintahan dan Kesra, Sofyan Saraha saat melakukan sidak dan memimpin apel pagi pada Dinas Pemuda dan Olahraga mendapati ASN yang mengikuti apel pagi sebanyak 5 orang ASN dari total 18 ASN, 1 orang sedang melakukan Dinas Luar, 12 lainnya tanpa keterangan.

Asisten Sekda Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Taher Husain saat melakukan sidak dan memimpin apel pagi pada Dinas Perhubungan Kota Tidore Kepulauan, mendapati ASN yang mengikuti apel pagi sebanyak 13 orang dari jumlah total 35 ASN, yang melakukan Dinas Luar sebanyak 2 orang, 1 orang Izin dan 19 lainnya tanpa keterangan.

Asisten Sekda Bidang Administrasi Umum, Yakub Husain saat melakukan sidak dan memimpin apel pagi pada Dinas Pendidikan Kota Tidore Kepulauan mendapati ASN yang mengikuti apel pagi sebanyak 26 orang dari total 36 ASN, yang melakukan Dinas Luar sebanyak 2 orang, sakit 1 orang, dan 7 lainnya tanpa keterangan.

Sementara, Staf Ahli Walikota Bidang Hukum, Politik dan Pemerintahan, Marjan Jumati saat melakukan sidak dan memimpin apel pagi pada kantor Kecamatan Tidore Selatan, mendapati ASN yang mengikuti apel pagi sebanyak 3 orang dari total 20 ASN, 17 lainnya tanpa keterangan.

Hal yang sama juga ditemukan oleh Staf Ahli Walikota Bidang Kemasyarakatan dan SDM saat melakukan sidak dan memimpin apel pagi pada Kantor Kecamatan Tidore, mendapati ASN yang mengikuti apel pagi sebanyak 3 orang dari total 23 ASN, 20 lainnya tanpa keterangan. (Red).