Temui Danlanal Ternate, Wali Kota Tidore Bahas Percepatan Pembangunan KBN dan PosAL 

Wali Kota Tidore Kepulauan, Capt. H. Ali Ibrahim saat bertemu dengan Danlanal Ternate.

TIDORE – Setelah memberikan hibah tanah kepada Lanal Ternate, yang berlokasi di Kelurahan Dowora, Kecamatan Tidore Timur, Wali Kota Tidore Kepulauan, Capt H. Ali Ibrahim melakukan koordinasi dengan Komandan Pangkalan TNI-Angkatan Laut (Danlanal) Ternate, Letnan Kolonel (Letkol) Mar Ridwan Aziz terkait percepatan pembangunan di lokasi tersebut.

Koordinasi tersebut berlangsung di kantor Lanal Ternate, Kelurahan Akehuda, Selasa (9/1), turut hadir mendampingi Walikota, Kepala Dinas Perkimtan, Tamrin Ahmad, Kepala Bagian Tata Pemerintahan Zulkifli Ohorella, Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Ridwan Hadji, Kabid Aset BPKAD Marwiah Abdurrahman dan Kabid Pertanahan Bambang Muhammad.

Wali Kota, Capt H. Ali Ibrahim dalam kesempatan tersebut menyampaikan, tujuan melakukan koordinasi di Lanal Ternate ini dengan harapan lokasi hibah dari Pemerintah Kota Tidore Kepulauan kepada Lanal Ternate agar dapat segera dilakukan pembangunan, baik Pengembangan Kampung Bahari Nusantara (KBN) maupun Pos Angkatan Laut (PosAL) Lanal Ternate.

“Harapan kami, agar segera dibangun Pos Angkatan Laut Lanal Ternate pada lokasi yang telah dihibahkan, sebagaimana kami menghibahkan lahan untuk Kedokteran Unkhair, selain itu Kota Tidore Kepulauan pasca perhelatan Hari Nusantara 2023 sudah diterima dalam program prioritas yang kemudian diupayakan untuk masuk sebagai Kawasan Strategi Pariwisata Nasional (KSPN),” tutur Ali Ibrahim.

Wali Kota menambahkan, tujuan dari Sail Tidore 2022 dan Hari Nusantara 2023 salah satunya yaitu mewujudkan Kota Tidore Kepulauan sebagai Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN). Untuk itu, dibutuhkan koordinasi pada beberapa kementerian/lembaga terkait guna menuntaskan Kota Tidore Kepulauan masuk sebagai Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN).

“Hal ini kami upayakan, agar Kota Tidore Kepulauan kedepannya betul-betul dapat diperhitungkan di sektor Pariwisata, juga mendapat dukungan anggaran dari Pemerintah pusat untuk pengembangan Pariwisata di Kota Tidore Kepulauan, karena di Tidore ini yang dapat dijual yaitu wisata, bahari dan SDM,” imbuh Ali Ibrahim.

Sementara, Letnan Kolonel (Letkol) Mar Ridwan Aziz dalam kesempatan tersebut menyampaikan, menjadi sebuah kehormatan, mendapat kunjungan dari Wali Kota Tidore Kepulauan bersama rombongan, sekaligus mempererat hubungan silaturahmi antara Lanal Ternate dan Pemerintah Kota Tidore Kepulauan.

“Karena semenjak saya berdinas disini, memang intens sekali berkoordinasi dengan Pemerintah Kota Tidore Kepulauan, mulai dari Perhelatan Sail Tidore 2022 hingga Hari Nusantara 2023, itu semua berjalan lancar dan luar biasa,” tutur Ridwan.

Lebih lanjut, Ridwan mengatakan, selain melaksanakan tugas-tugas keamanan di laut, kemudian pemberdayaan potensi maritim yang ada di wilayah kerja dan apabila dirunut dari awal, Lanal Ternate paling banyak melaksanakan kegiatan di Kota Tidore Kepulauan, dan itu event Nasional semua.

“Kami juga telah menerima hibah tanah dari Pemerintah Kota Tidore Kepulauan, terima kasih banyak atas kebijaksanaan dari bapak Walikota Tidore, kedepannya kami akan bangun ada program dari Angkatan Laut, yaitu Kampung Bahari Nusantara (KBN),” ungkap Ridwan.

Selain membangun Kampung Bahari Nusantara (KBN), Ridwan mengatakan pihaknya juga akan membangun Pos Angkatan Laut (PosAL) di lokasi yang dihibahkan tersebut.

“Jadi mungkin kedepan kita akan berkolaborasi, supaya lokasi tersebut dapat menjadi sentral pembinaan masyarakat maritim di Kota Tidore Kepulauan, kita dapat mengembangkan potensi berbagai potensi pariwisata sektor laut di Tidore,” ucap Ridwan. (Red).