Wali Kota Tidore Bahas Menara Tower BTS di 17 Kelurahan/Desa bersama Kominfo

Wali Kota Tidore Kepulauan, Capt, H. Ali Ibrahim, MH melakukan kunjungan kerja ke Kementerian Kominfo RI.

Jakarta – Dalam memaksimalkan penunjang pelayanan khususnya di bidang telekomunikasi di Kota Tidore Kepulauan, Walikota Tidore Kepulauan Capt, H. Ali Ibrahim, MH melakukan kunjungan kerja ke Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia.

Kunjungan tersebut diterima oleh Sekretaris Ditjen Aplikasi Informatika, Kementerian Kominfo RI, I Nyoman Adhiarna di ruang rapat lantai III gedung Kementerian Kominfo, Rabu (31/1).

Pertemuan tersebut membahas terkait dengan rencana pembangunan Menara Tower BTS di 17 Kelurahan/Desa yakni terdapat delapan Kelurahan dan sembilan Desa di Kota Tidore.

Capt, H. Ali Ibrahim dalam kesempatan tersebut menyampaikan, Kota Tidore Kepulauan memiliki 8 kecamatan yang terdiri dari empat kecamatan berada di pulau Tidore dan empat kecamatan di daratan Oba atau pulau Halmahera, dimana di daratan Oba ini terdapat desa yang masih membutuhkan penambahan jaringan telekomunikasi.

“Kunjungan kami ini selain silaturahmi dan koordinasi, saya juga mohon dukungan agar kementerian Kominfo dalam hal ini kebutuhan Dirjen penyelenggara pos dan informatika ini, agar dapat mendukung program-program pemerintah Tidore dalam penambahan jaringan telekomunikasi yang ada di Wilayah Kota Tidore, khususnya kepada 8 kelurahan dan 9 Desa untuk dukungan pembangunan Menara Tower BTS tersebut,” kata Ali.

Tak lupa, orang nomor satu di Kota Tidore Kepulauan ini juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Kementerian Kominfo RI karena dua tahun berturut-turut telak ikut mensukseskan Sail Tidore pada 2023 dan Hari Nusantara 2024 kemarin.

“Kami sampaikan terima kasih dan apresiasi atas dukungan dalam mensukseskan hajatan Nasional yang pusatkan di Kota Tidore menjadi Tuan rumah Sail Tidore dan Hari Nusantara, semoga kedepan kerjasama dan silaturahmi antara pemda Tidore dengan Kementerian Kominfo ini dapat berjalan dengan baik, dan memberikan manfaat bagi masyarakat Kota Tidore Kepulauan,” tandas Ali Ibrahim.

“Masyarakat Tidore sangat membutuhkan penguatan jaringan telekomunikasi hingga saat ini Pemda terus berusaha agar Desa maupun kelurahan yang ada di Kota Tidore bisa menikmati jaringan telekomunikasi, karena sekarang sudah dibangun tower namun kurang adanya penguatan sehingga ini perlu kita diskusi bersama agar masyarakat di Tidore bisa merasakan manfaatnya,” sambung Ali.

Menanggapi hal tersebut, Sekretaris Ditjen Aplikasi Informatika, Kementerian Kominfo RI, I Nyoman Adhiarna mengatakan, telekomunikasi merupakan hal yang paling penting dalam mendukung pembangunan daerah baik itu sektor pendidikan, kesehatan maupun sektor lainnya, sehingga pemerintah daerah harus memiliki komitmen untuk membangun sebuah terobosan dalam mencapai tujuan tersebut.

“Kami juga menyampaikan terima kasih atas dukungan pemkot Tidore kepada kami sehingga kami dapat memberikan kontribusi penuh dalam pelaksanaan Sail Tidore 2023 maupun 2024, kami harap kedepan nantinya ketika Tidore menjadi tuan rumah dalam event nasional tentunya kami bisa berkolaborasi terus untuk mensukseskan event-event selanjutnya di Kota Tidore,” harap I Nyoman.

“Kami akan mempelajari data dan lokasi yang diberikan oleh pak Walikota kepada kami, sehingga nantinya akan ditindaklanjuti oleh Direktorat Penyelenggara Pos dan Informatika, untuk turun langsung mengecek di 17 titik tersebut,” tambah I Nyoman.

I Nyoman juga menambahkan, Dinas Kominfo Pemda Tidore juga telah melakukan koordinasi untuk mengisi data dalam penguatan penambahan jaringan di wilayah Tidore melalui program-program yang dilaksanakan oleh Kementerian Kominfo RI dalam hal ini Dirjen penyelenggara Pos dan Informatika.

Turut hadir Kepala Bagian Tata Pemerintahan Setda Tidore Zulkifli Ohorella dan perwakilan dari Direktorat Jenderal Penyelenggara Pos dan Informatika. (Red).