IdentikNews

BPK RI Malut Sebut Laporan Keuangan Pemda Tidore 5 Tahun Terakhir Bagus

Wakil Wali Kota, Muhammad Sinen saat menerima kunjungan kerja kepala BPK RI Malut.

TIDORE – Wakil Wali Kota Tidore Kepulauan, Muhammad Sinen menerima kunjungan kerja Kepala Perwakilan BPK RI Provinsi Maluku Utara, Marius Sirumapea ke Pemerintah Kota Tidore Kepulauan, Selasa (23/4).

Marius bilang, laporan keuangan Pemda Tidore sejauh ini terbilang bagus. Hanya saja, pihaknya belum bisa membeberkan hasil pemeriksaan yang sedang berjalan, lantaran masih dalam tahap audit atau pemeriksaan yang mengacu pada kode etik.

Walau begitu, ia mengungkapkan tidak ada yang signifikan pada laporan keuangan Pemda Tidore. Apalagi, Pemda Tidore sudah 5 tahun menerima Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

“Ini kunjungan kerja karena kita (BPK) ada audit di sini (Tidore). Dan ada beberapa hal yang perlu perhatian dari mereka. Ini juga mandatory (wajib) dilakukan untuk penilaian opini kepada mereka (pemda), jadi ini kunjungan kerja kami,” kata Marius usai rapat bersama Wakil Wali Kota Tidore Kepulauan dan jajarannya di aula Nuku Pemerintah Kota Tidore.

Marius juga menyentil terkait dugaan kasus penyalahgunaan anggaran dana desa tahun 2023 di Desa Maitara Utara Kecamatan Tidore Utara. Meski bukan ranah BPK, Marius mengingatkan Inspektorat dan Dinas PMD untuk segera turun penanganan.

“Kami memang tidak menangani soal ADD, karena kita fokus di laporan keuangan. Kita hanya melihat APBD bukan APBdes, tetapi ini juga jadi peringatan buat Inspektorat, untuk turun mengecek. Jika ada masalah seperti ini dan terbukti ada unsur pidana, silakan ajukan dan lapor ke KPK karena gak bisa ditahan-tahan juga kan,” tandasnya.

Terpisah, Wakil Wali Kota Tidore Muhammad Sinen saat dimintai tanggapan terkait kunjungan kerja BPK, dirinya menyatakan apresiasi kepada BPK RI Perwakilan Maluku Utara.

Menurut Muhammad, langkah BPK melakukan pemeriksaan laporan keuangan di Tidore merupakan kewajiban. Ini juga, sambung dia, adalah bagian dari kerja BPK.

“Kunjungan kerja BPK ke Tidore untuk memastikan jalannya pemeriksaan, yang sementara berjalan. Tidore juga setiap tahun meraih Opini WTP, jadi hari ini Kepala BPK Maluku Utara pantau langsung audit yang sedang berjalan,” ungkap Muhammad.

Langkah BPK ini juga, merupakan ikhtiar bagi Pemda Tidore. Sehingga nanti tidak terjadi seperti di daerah lainnya.

“Saya selaku Wakil Wali Kota Tidore Kepulauan sangat bersyukur dan memberikan apresiasi, kepada BPK yang sudah turun langsung memberikan arahan kepada Pemda Tidore,” timpal Muhammad. (Red).