IdentikNews

Ribuan Alumni Steman Ternate Bakal Meriahkan Reuni Akbar

Ternate – Sekolah Teknik Menengah (Steman) Ternate bakal menggelar reuni akbar yang ke-3 tahun 2023. Reuni akbar itu akan digelar pada 1 Maret 2023 besok. 

Reuni akbar ke-3 Steman Ternate  yang digagas oleh Forum Silaturahmi Alumni STM/SMK Negeri 2 Ternate (Forza Steman) itu akan dilangsungkan selama 3 hari terhitung sejak 1-3 Maret 2023 dilingkungan SMK Negeri 2 Kota Ternate, Kelurahan Dufa-Dufa, Kecamatan Kota Ternate Utara.

Pada hari pertama reuni akbar tersebut digelar tiga agenda utama yakni Back To School atau kembali ke sekolah untuk bernostalgia dengan lingkungan sekolah guru dan seluruh civitas yang diisi dengan kegiatan sosial berupa donor darah, pemeriksaan mata gratis, pemberian santunan biaya sekolah maupun temu guru dan alumni.

Hari kedua adalah Steman Roadshow atau konvoi kendaraan bermotor dalam wilayah Kota Ternate maupun Fun dan Gathering. Sedangkan, hari ketiga atau malam puncak adalah acara ramah tama dengan seluruh alumni maupun para guru.

Ketua Panitia Reuni Akbar ke-3 Steman Ternate, Ibrahim Buka, dalam konferensi pers mengatakan, reuni akbar ke-3 Steman Ternate bukan hanya seremoni dan akbar pada tahun ini saja tetapi tahun-tahun depan akan lebih akbar atau meriah lagi.

“Kedepan kita harapkan, reuni akbar Steman bisa digelar lebih dari ini dan kegiatan sosial juga lebih banyak,” ungkapnya.

Sementara itu, ketua Forza Steman Ternate, Muhammad Sinen mengatakan, kegiatan reuni akbar ini merupakan reuni yang ketiga. Pasalnya, reuni Steman ini dilaksanakan selama 3 tahun yang dimulai pada tahun 2017 dan 2020 maupun 2023.

Wakil Wali Kota Tidore Kepulauan (Tikep) itu menjelaskan, kegiatan reuni akbar ini merupakan kegiatan silaturahmi terbesar yang dilaksanakan sekolah-sekolah lain dalam wilayah Kota Ternate bahkan Provinsi Maluku Utara.

“Kita harus jujur bahwa ini adalah silaturahmi. Karena dulu, meski kita satu sekolah tapi kita tidak saling mengenal karena ada ego masing-masing jurusan dan dari reuni ini kita juga saling mengenal satu sama lain termasuk masing-masing angkatan Steman,” jelasnya.

Yang paling menarik dan mempunyai nilai tinggi dan patut diapresiasi, yang merupakan alumni Steman angkatan 90, adalah yayasan Steman yang cukup peduli dengan para alumni Steman yang kurang mampu untuk melanjutkan anaknya di dunia pendidikan dengan pemberian santunan kepada keluarga alumni serta bagi alumni yang sakit.

“Kepedulian yayasan Steman ini adalah murni dari para alumni yang dananya dikumpulkan melalui Jumat Bersedekah,” tuturnya.

Ayah Erik, sapaan Muhammad Sinen menambahkan, jumlah alumni Steman yang terdata sampai saat ini berjumlah 16 ribu orang yang tersebar di Maluku Utara maupun Provinsi lain di Indonesia.

“Yang terdata ada 16 ribu, dan ada juga yang belum terdata,” tuturnya.

Sedangkan, Divisi IT Forza Steman Ternate, Hasan mengemukakan, konsep yang dipakai selama kegiatan reuni akbar ke-3 tahun ini akan dilakukan berbeda dari semua sekolah yang ada. Pasalnya sebagai sekolah kejuruan, kata Hasan, akan menampilkan berbagai hasil karya dari para alumni masing-masing jurusan termasuk videografer yang dibuat tanpa drone tetapi tidak kala dengan video drone yang sering dipakai saat ini.

“Pastinya kami akan tampilkan yang terbaik dan paling berbeda dengan reuni-reuni yang bisa dilaksanakan di sekolah lain,” pungkasnya. (red).